KESALAHAN-KESALAHAN YANG SERING TERJADI DALAM WAWANCARA KERJA

 1. Datang Terlambat

Orang yang datang terlambat menunjukkan bahwa yang bersangkutan tidak disiplin dan tidak menghargai waktu. Perusahaan akan berpikir, interview saja sudah terlambat apalagi waktu kerja. Selain itu, datang terlambat menunjukkan orang tersebut tidak memiliki manajemen diri yang baik. 90% perusahaan akan memutuskan bahwa orang yang bersangkutan akan langsung ditolak.

2. Salah Penampilan

Yang dimaksud salah penampilan disini misalnya pakaian tidak rapi/kusut, dandan terlalu seksi, dan make-up yang berlebihan. Untuk masalah penampilan ini yang penting adalah kenyamanan pakaian saat dipakai, sehingga tidak mengganggu saat terjadi proses wawancara.

3. Tidak Tahu Profil Perusahaan

Kesalahan ini fatal sekali karena akan membuat pewawancara jengkel. Misalnya ketika ditanya, “Anda tahu perusahaan ini bergerak di bidang apa?”. Jangan sampai anda menggeleng tidak tahu. Makanya, sisihkan waktu sebelum Hari H  wawancara untuk mencari informasi tentang perusahaan bersangkutan lewat internet atau yang lain. Semakin detail kita tahu, semakin baik.

4. Lupa Mematikan Ponsel

Ini kebiasaan buruk banyak orang dan akan mengganggu proses wawancara. Ketika terjadi tentu anda akan kerepotan untuk mematikan ponsel. Apalagi jika nada deringnya aneh di telinga atau nyentrik, pewawancara bisa menilai kepribadian anda dari situ.

5. Sok Tahu

Orang yang sok tahu tidak disukai oleh pewawancara, karena dianggap tidak mau mendengarkan orang lain. Perusahaan biasanya menginginkan orang yang bisa bekerja sama dalam tim, bukan orang yang individualis.

6. Overconfident

Orang yang over PD (Percaya Diri) juga biasanya tidak diinginkan oleh perusahaan. Perusahaan tidak mau menanggung resiko jika orang yang over PD ini bekerja dan berbuat kesalahan bagi perusahaan.

7. Menceritakan Kejelekan Perusahaan Lama

Ini perkara sensitif. Orang yang menceritakan kejelekan perusahaan lama dianggap tidak etis dan tidak respek pada atasan. Pewawancara akan menganggap bahwa jika orang ini dipekerjakan dan akhirnya nanti keluar akan melakukan hal yang sama terhadap perusahaan ini.

8. Jawaban Ragu-ragu

Jawaban ragu-ragu menggambarkan kepribadian yang ragu-ragu pula. Karena itu latihlah jawaban-jawaban anda agar jelas, tegas dan tidak ragu-ragu. Hindari penggunaan kata-kata “mungkin”, “kira-kira” dan “sepertinya”.

Jangan mengatakan, “Sepertinya saya bisa mengerjakan tugas itu”,

tapi katakan,  “Saya bisa mengerjakan tugas itu”.

http://bincangkarir.blogspot.sg/2013/03/8-kesalahan-fatal-saat-wawancara-kerja.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s