Dialah Inspirasiku

sabar-gorky

 

Sabar Gorky sebut saja namanya seperti itu dia adalah pria berusia 43 tahun  salah satu pendaki indonesia yang hanya mempunyai 1 kaki tetapi dengan kekuranganya itu tidak mematahkan semangatnya untuk mendaki gunung tertinggi di eropa puncak elbrus 5.642 mdpl, ia mendaki melewati jalur utara yang seharusnya melewati jalur selatan tetapi dikarenakan jalur selatan ditutup akibat gangguan keamanan. jalur utara adalah jalur terberat dikarenakan jalur utara lebih jauh jarak nya untuk sampai ke puncak di banding lewat jalur selatan.kang sabar memulai mendaki Elbrus dari Emmanuel Camp di ketinggian 2500 dpl pada 13 Agustus. Ada tiga tahap dari tempat tersebut. Melewati beberapa bukit dan tebing curam, Sabar cs merayap menuju Moraine camp (3800 mdpl) dalam kurun 6 jam. Dia kemudian turun lagi kembali ke Emanuel camp dan kembali naik keesokan harinya. Pergerakan naik turun seperti ini sangat diperlukan, agar pendaki tidak mengalami mountain sickness.

Pada 15 Agustus, Sabar bergerak, mengayuh tongkat di kedua lengan yang dipasangi cramponbuatannya sendiri dengan melihat katalog pendaki-pendaki gunung es. Ini adalah tahap kedua menuju Lenz Rock di ketinggian 4600 mdpl. Tak lupa, dia menggunakan jaket lapis lima dan kaca mata ultraviolet akibat salju dengan suhu minus 5 derajat celcius. Akhirnya setelah mendaki selama 7 jam sampai jua di tujuan. Sehabis istirahat, Sabar dan tim kembali turun ke Moraine Camp guna menginap semalam di dalam tenda.

Nahas buat tim, saat kembali naik ke Lensz Rock, badai salju turun tiada henti. Pandangan mata jadi terbatas dan crampon si tunadaksa  mudah terperosok ke dalam salju. Angin kencang makin menghambat. Dua anggota tim rontok, melempar handuk tanda menyerah hingga harus turun lagi. Namun Sabar yang gigih akhirnya sampai Lenz Rock.

Istirihat satu malam di suhu 10 derajat celcius ternyata bukan perkara mudah. Sabar harus tidur di tenda dingin beralaskan plastik ditemani hujan es. “Waktu itu ketebalan salju mencapai sekitar 5 meter. Saya tidur di tenda yang diselimuti salju setebal 70 Cm. Biasanya saya tidur di atas kasur,” kenangnya dengan canda renyah.

Buruknya cuaca pun membuat penundaan keberangkatan tahap ketiga menuju puncak Elbrus. Awalnya tim berniat memulai akan memulai perjalanan subuh, pukul 02.00 waktu setempat, namun urung. Baru pukul 09.00 tim mulai melakukan pendakian pada tantangan terberat.

Jalur pendakian kali ini dipenuhi tebing terjal. Tali temali antar pendaki pun dikaitkan agar bila ada yang terperosok langsung bisa ditarik. Kemiringan curam berbaur hujan salju yang turun sangat deras ini membuat pendakian makin rumit. Satu kaki dari crampon sulit digunakan. Tiap sepuluh langkah, tenaga Sabar terkuras sehingga dia berhenti istirahat.

Sabar bersusah payah harus jatuh sebanyak 10 kali. Tim Ekspedisi Merdeka hanya menyisakan Sabar , pendampingnya dan seorang dari tim Mahapala Unnes. Sejenak lelaki asal Solo ini pasrah. Lalu, pemandu asal Rusia lalu membangkitkan semangat. “Come on Sabar. Don’t give up.” Sabar pun digandeng.

Kemudian, tinggal 300 meter menuju puncak, tebing makin terjal. Akhirnya Sabar melepas gandengan, memilih jalan alternalitf melewati jalur landai dengan jarak 1 km. itu pun rasanya begitu berat. Dan, oksigen sudah menipis. Mereka harus sampai dengan waktu yang sudah direncanakan kalau tidak mau bahaya mengancam.  Dalam detik akhir menuju puncak, Sabar beberapa kali terjatuh. Semangatnya tak padam, dia kembali bangun tanpa bantuan.

Tepat 17 agustus 2011 pukul 16.45 setempat atau waktu 19.45 WIB, penuh haru, kental nasionalisme, Sabar menancapkan bendera merah putih yang dibawanya selama perjalanan pada tongkat sebelah kiri. Sejurus kemudian, dia sujud dan menjalankan shalat hingga dua rakaat.

Alasan saya kenapa sabar gorky sebagai inspirasi saya dikarenakan/dapat di simpulkan dia tidak pernah menyerah walaupun memiliki kekurangan fisik dan seberat apapun tantangannya dia tetap berjuangan tidak mudah menyerah atau tidak mudah putus asa, dan dia juga selalu ingat ibadah dimana pun tempat nya saya salut dengan sabar gorky 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s