Tugas 7 : Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat

konflik yang terjadi di lampung baru-baru ini .

foto

Bentrokan yang terjadi antara warga Desa Agom, Kecamatan Kalianda dan warga dari Desa Balinuraga,   Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan, dipicu oleh kesalah pahaman,sebelum peristiwa bentrokan terjadi, sekitar 10 pemuda dengan mengendarai sepeda dari Desa Balinuraga melintas di jalan menuju ke desa.

Dari arah berlawanan, kemudian tanpa sengaja, rombongan ini menyerempet pengendara motor yang dinaiki oleh dua perempuan. “Karena terjatuh akhirnya ditolong. Kalau menolong mau tidak mau dipegang,” .Hal inilah yang menimbulkan persepsi keliru di mata warga lainnya.

Ia menilai bisa saja pihak lain memandang sentuhan itu sebagai pelecehan seksual. Dugaannya, peristiwa tersebut telanjur menyebar dan pada akhirnya menjadi besar.

Lalu tanpa diduga, buntut dari kejadian itu, warga Balinuraga didatangi oleh sekitar 50 orang dari Desa Agom yang dilengkapi dengan senjata tajam,tiba-tiba saja terjadi bentrokan pada Sabtu malam, 27 Oktober 2012. Bentrokan ini beralih menjadi bentrokan antar-etnis karena mayoritas warga Balinuraga adalah etnis Bali. Mereka membawa senjata tajam, parang, pedang, golok, celurit, dan senapan angin dalam bentrokan.

Terjadi selama dua hari berturut-turut ini, menurut polisi, menyebabkan meninggalnya 12 orang. Polisi juga mengisolasi tempat terjadinya peristiwa tersebut hingga kondisi kondusif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s